Populasi Muslim Mencapai Seperempat Penduduk Dunia!

Kaum Muslim membentuk sekitar seperempat jumlah populasi dunia dan sebagian besar terkonsentrasi di Asia, menurut sebuah studi terbaru oleh kelompok pencari fakta Amerika yang menyediakan informasi mengenai isu, sikap, dan tren yang membentuk Amerika dan dunia melalui jajak pendapat publik.

“Terdapat sekitar 1.57 miliar Muslim dalam segala usia yang ada di dunia hari ini,” Pew Research Center menyimpulkan dalam studinya yang berjudul “Memetakan Populasi Muslim Global: Sebuah Laporan Tentang Jumlah dan Distribusi Populasi Muslim Dunia.”

Ditemukan bahwa kaum Muslim membentuk 23% dari total 6.8 miliar penduduk dunia, dengan mayoritasnya beraliran Sunni.

“Dari total jumlah kaum Muslim, 87-90% beraliran Sunni sedang 10-13% beraliran Syiah.”

Menurut studi tersebut, berdasarkan data dari 232 negara dan teritori, Asia merupakan rumah bagi hampir 20% populasi Muslim global.

Indonesia adalah negara berpenduduk Muslim terbanyak dengan 203 juta Muslim, sekitar 13% dari total populasi Muslim dunia.

Pakistan memiliki 174 juta penduduk Muslim, India 161 juta, Bangladesh 145 juta, Iran 74 juta, dan Turki 74 juta.

“Jika digabungkan, keenam negara ini membentuk 85% populasi Muslim Asia dan lebih dari separuh (53%) jumlah populasi Muslim global.”

Hampir separuh dari Muslim Asia terkonsentrasi di Asia Selatan. Sisanya terbagi rata antara Asia Tenggara (26%) dan Asia Tengah-Selatan (24%).

Diketahui pula bahwa Timur Tengah dan Afrika Utara memiliki 315 juta Muslim, sekitar 20% dari total jumlah Muslim dunia. Kawasan Timur Tengah-Afrika Utara memiliki persentase tertinggi dalam negara dengan penduduk mayoritas Muslim.

Studi itu juga menemukan bahwa terdapat 240 juta Muslim di Afrika sub-Sahara yang membentuk sekitar 15% dari populasi Muslim global. Sepertiga dari mereka tinggal di Nigeria dengan jumlah 74 juta, separuh dari total populasi negara itu.

Kawasan Afrika sub-Sahara adalah rumah bagi negara-negara berpenduduk mayoritas Muslim dalam jumlah besar, termasuk Mauritania (99%), Niger (99%), Somalia (99%), Komoro (98%), Mayotte (98%), Djibouti (97%), Senegal (96%), Gambia (95%), Mali (93%), Guinea (84%) dan Sierra Leone (71%).

Studi ini, yang pertama kalinya dilakukan, mengindikasikan bahwa seperlima kaum Muslim (300 juta) tinggal di negara-negara non-Muslim. Populasi Muslim minoritas di sana seringkali cukup besar.

India yang berpenduduk mayoritas Muslim memiliki populasi Muslim terbesar ketiga setelah Indonesia dan Pakistan.

China memiliki lebih banyak kaum Muslim daripada Syria, sementara Rusia adalah rumah bagi warga Muslim dengan jumlah lebih banyak daripada Yordania dan Libya sekaligus.

Studi ini mencatat bahwa 22 juta Muslim China menyebar hampir ke semua propinsi, dengan konsentrasi tertinggi di propinsi-propinsi barat, seperti Xinjiang, Ningxia, dan Gansu.

Xinjiang adalah satu-satunya propinsi berpenduduk mayoritas Muslim di China, dengan jumlah Muslim mencapai 53% dari total populasi.

Studi ini juga menemukan bahwa Eropa memilik 38 juta Muslim yang membentuk lima persen dari total populasi benua tersebut. Sebagian besar terkonsentrasi di Eropa Timur dan Tengah.

Rusia memiliki lebih dari 16 juta Muslim, populasi Muslim terbesar di Eropa.

Menurut studi itu, Jerman memiliki penduduk minoritas Muslim terbesar di Eropa Timur dengan jumlah lebih dari empat juta, mengalahkan Perancis yang berpenduduk Muslim sebesar 3.5 juta jiwa.

Inggris memiliki kurang dari dua juta penduduk Muslim, hampir 3% dari total populasi, sementara Italia memiliki 36.000, terkecil di Eropa.

Studi tersebut mengatakan bahwa hampir 46 juta Muslim berada di benua Amerika, dengan hampir 2.5 juta di AS dan 700.000 di Kanada.

Muslim juga membentuk 16% dari total populasi Suriname, populasi Muslim terbesar di benua Amerika.

Argentina memiliki minoritas Muslim sebesar 800.000, terbesar di Amerika Selatan.

Figur yang dipersembahkan oleh studi mengenai populasi Muslim di Barat, terutama di Eropa dan AS itu bertolak belakang dengan perhitungan yang biasanya dilaporkan oleh organisasi-organisasi Muslim di kawasan-kawasan tersebut.

Muslim di AS, misalnya, secara umum diyakini berjumlah lebih dari tujuh juta sementara Perancis lebih dari enam juta.
http://www.suaramedia.com/berita-dunia/dunia-islam/11376-populasi-muslim-mencapai-seperempat-penduduk-dunia.html

0 komentar:

Posting Komentar