Pembuatan game sebagai media komunikasi informasi multimedia
Dalam dunia modern ini, penggunaan teknologi untuk menunjang kegiatan manusia semakin banyak dan sangat berkembang. Salah satu bentuk kebutuhan pokok manusia adalah hiburan dan sebagai salah satu wujudnya adalah berbagai macam permainan. Penulis memilih tema ini untuk pembuatan makalah karena ketertarikan penulis terhadap dunia game yang terus berkembang secara pesat pada zaman modern ini. Dalam pembuatan suatu permainan digunakan banyak konsep graf berarah. Graf merupakan salah satu model matematika yang paling banyak aplikasinya dalam dunia nyata. Salah satu bentuk graf yang umum adalah bentuk pohon. Pohon merupakan bentuk graf terhubung yang tidak mempunyai rangkaian sederhana. Pohon dapat dibentuk berupa pohon n-ary dengan n merupakan banyaknya derajat maksimum yang dimiliki setiap simpul.
Jika kita lihat dari sudut pandang yang berbeda, kita dapat melihatnya sebagai model matematika atau lebih tepat sebagai graf. Graf berarah dengan alur yang berkelanjutan yang kemudian akan membentuk pohon. Karena kebanyakan persoalan dalam dunia game dapat direpresentasikan sebagai suatu sistem kombinatorial dan kemudian membentuk pohon, maka dibentuklah suatu cabang ilmu khusus yang menanganinya sering disebut sebagai game-theory dan untuk representasi khusus dengan pohon dibuatlah extensive-form yang kemudian sangat banyak digunakan untuk pegembangan intelegensi buatan. Pohon yang dibentuk dengan simpul dan sisi yang mencerminkan suatu unsur dalam permainan tersebut. Umumnya simpul akar pada pohon merepresentasikan jumlah pemain kemudian simpul-simpul dibawahnya menjadi berkalang terus menerus untuk merepresentasikan jumlah kemungkinan langkah yang dapat diambil oleh pemain. Bentuk representasi dari suatu permainan dapat berbeda-beda disesuaikan dengan spesifikasi yang digunakan dan bentuk serta jenis permainannya. Bentuk dan jenis permainan dapat dicontohkan seperti apakah permainan merupakan permainan dengan banyak pemain, hanya dapat dimainkan 1 orang, sistem dan peraturan yang digunakan,
Konsep dari game ini dapat dilihat dari aturan yang berlaku dalam permainan ini . Pada dasarnya jenisini adalah game dengan interaksi antar pemain yang berkelanjutan. Zero-Sum Game berakibat setiap aksi dari satu pemain selalu berdampak pada pemain lain. Sebagai contoh adalah suatu permanan kartu dengan taruhan. Dengan memisalkan terdapat 2 orang pemain, bila suatu pemain A memenangkan sebanyak 5 poin maka pemain B akan kehilangan sebanyak 5 poin juga. Dengan menganggap bahwakekalahan adalah suatu minus dari menang, maka pada permainan tadi hanya akan menghasilkan nol pada akhirnya karena (5 – 5 = 0). Berikut ini adalah gambarannya
A B C
1 30, -30 -10, 10 20, -20
2 10, -10 20, -20 -20, 2
Seperti kita ketahui bahwa penggunaan graf dan pohon sangat banyak aplikasinya dalam kehidupan.Game-theory juga merupakan salah satu konsep yang dapat diimplementasikan dalam bidang lainnya. Dengan menggunakan konsep pohon, kombinatorial matriks, dan dilengkapi denganalgoritma minimum.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar