Mengenal kepribadian kita

Apa type kepribadianku ???





Mungkin tak asing lagi bagi sebagian kita tentang bagaimana mengenal kepribadian diri sendiri. Saya yakin informasi ini sudah didapatkan oleh kalian semua, apalagi bagi organisatoris. Tapi tidak ada salahnya kalau saya menuliskannya lagi dalam bentuk yang sederhana.





Apa sebenarnya "Johari Window" itu? Ini merupakan model analisa kepribadian yang dikembangkan oleh Joseph Luft dan Harrison Ingham sekitar tahun 50an. Kegunaan dari model ini adalah untuk memahami dinamika kepribadian kita baik perilaku, perasaan seseorang maupun motivasi yang kita miliki. Model ini merupakan suatu cara untuk memahami diri kita sendiri sebagai bagian dari proses dalam komunikasi.



Model dari Johari Window ini terbagi menjadi empat kuadran, yaitu open (terbuka), blind (buta), hidden (tersembunyi), dan unknown (tidak diketahui). Penjelasan dari kuadran tersebut adalah:

- Kuadran pertama (area terbuka) merupakan perilaku, perasaan dan motivasi yang disadari oleh dirinya sendiri dan orang lain. Maknanya bahwa seseorang tersebut terbuka tidak ada yang disembunyikan kepada orang lain. Mungkin kita evaluasi diri dan juga mendengarkan pendapat orang lain. Termasuk tulisanku silakan untuk diberi masukkan, mungkin menurut saya udah bagus tapi penilaian orang belum tentu sama. Secara kejiwaan bila kita terbuka terhadap orang lain maka masalah kita sudah berkurang setengahnya apalagi bila diberikan masukkan maka masalah yang kita tanggung menjadi lebih ringan lagi.

- Kuadran kedua (area buta) merupakan perilaku, perasaan dan motivasi yang diketahui oleh orang lain tetapi dirinya sendiri tidak menyadari. Nah ini yang sering dikatakan orang, sok pede, terlalu percaya diri (over confidence), padahal menurut orang lain masih banyak kelemahan. Misal: saya yakin anak-anak purbalingga banyak yang berpotensi di segala bidang tetapi karena kurang nya dukungan atau motivasi maka potensi yang ada tidak kelihatan. .

- Kuadran ketiga (area tersembunyi) merupakan perilaku, perasaan dan motivasi yang disadari oleh dirinya sendiri tetapi orang lain tidak mengetahuinya. Si Badu sudah bertekad akan melanjutkan kuliah di universitas favorit dan mati-matian berjuang tetapi tidak dinampakkan kepada orang tuanya karena ingin membuat surprise. Atau si Deka mempunyai kemampuan komputer tetapi karena merasa tugasnya sebagai cleaning service maka ketrampilan tersebut tidak pernah ditunjukkan ke orang lain

- Kuadran keempat (tertutup) merupakan perilaku, perasaan dan motivasi yang tidak disadari oleh dirinya sendiri maupun orang lain. Nah ini kalau bisa dikurangi se kecil-kecilnya luas kuadran ini karena merupakan tipe orang tertutup.



Sesorang yang menyadari pentingnya pengembangan komunikasi dengan bawahan, rekan dan lain-lain akan berupaya memperluas jendela yang pertama. Akibat dari komunikasi tersebut adalah semakin terjalinnya komunikasi yang terbuka, adanya timbal balik dari orang lain dan komunikasi menjadi baik dan sehat. Sikap dengan memperluas jendela pertama maka relasi kita atau bawahan kita akan merasa diperhatikan dan dihargai. Ingat bahwa penghargaan kepada seseorang tidak melulu dari materi tetapi yang penting adalah perhatian kita.







Johari window dapat kita gunakan antar teman, atasan bawahan terutama dalam hal hubungan komunikasi antar individu atau dengan masyarakat. Dengan mengetahui kepribadian kita apakah kita introvert (tertutup) atau mempunyai kepribadian ekstrovert (terbuka). Pada orang yang introvert lebih ke arah kuadran empat sedangkan individu yang ektrovert lebih biasanya kuadran satu lebih besar.





Dengan mengetahui ini maka mulailah kita untuk terbuka kepada orang lain, karena siapa tahu teman kita bisa memberikan solusi. Dan kalau ada masalah jangan disimpan sendiri karena pemecahan dua orang lebih baik daripada dipecahkan sendiri. Termasuk dalam rumah tangga demikian juga, kalau ada pasangan kita maka masalah dapat diselesaikan berdua dibanding dipikirkan sendiri.

http://www.rajawana.com/artikel/lain-lain/118-mengenal-kepribadian-kita.html

0 komentar:

Posting Komentar